Pajak Tahunan Innova Diesel
Pajak Tahunan Innova Diesel - Foto: Mas Huda

Besarnya Pajak tahunan Kijang Innova Diesel di Beberapa Daerah

Diposting pada

Mungkin anda berminat meminang  Toyota Kijang Innova Diesel tahun 2012 namun ragu berapa pajak tahunan yang harus dibayarkan, berikut ini penjabaran lengkapnya. Kijang Innova Diesel merupakan mobil di kategori medium MPV dengan mesin yang relatif besar.

Salah satu penentu besarnya pajak adalah umur mobil dan kapasitas cc mesin mobil tersebut. Untuk Innova Diesel menggunakan mesin 2500 cc sehingga tentu pajaknya akan lebih besar dibanding mobil dikategori small MPV seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander.

Besarnya pajak tahunan Kijang Innova Diesel 2012 adalah Rp 4.200.000 dengan catatan itu untuk wilayah Jakarta. Sebagaimana kita tahu pajak mobil wilayah Polda Metro Jaya lebih mahal dibanding pajak di daerah lain.

Misal di wilayah Sumatra Selatan Innova Diesel 2012 pajak tahunannya hanya Rp 2.900.000. Sedangkan Innova Diesel tahun yang sama di kabupaten Tangerang besar pajak tahunannya adalah RP 3.200.000. Dengan catatan semua angka yang tertera di atas tidak terkena Pajak Progresif ya dan sudah termasuk asuransi Jasa Raharja(SWDKLLJ), kalau merupakan mobil ke dua, tiga dan seterusnya tentu akan kena progresif yang jatuhnya tentu akan lebih mahal lagi.

Perlu diketahui yang menentukan besarnya pajak adalah harga jual kendaraan(yang dipengaruhi oleh tahun produksi), kapasitas mesin, progresif /tidak dan wilayahnya. Contoh lain, Innova Diesel G 2010.  yang lebih tua pajak tahunannya Rp 3.600.000(Jakarta). Lalu yang lebih tua lagi Innova Diesel 2008 tipe E pajak tahuannya kena Rp 2.300.000(Bekasi kota).

Namun yang aneh adalah pajak tahunan Innova Reborn Diesel tahun 2017 hanya sebesar Rp 3.737.500 sudah termasuk asuransi Jasa Raharja. Bisa jadi karena cc mesin Innova Reborn Diesel yang berkode mesin 2GD-FTV kapasitasnya turun hanya jadi 2400 cc. Atau karena faktor daerahnya yaitu di Jawa Timur? Tapi Setahu kami Pajak Kendaraan bermotor di Jawa Timur itu termasuk lebih tinggi dari beberapa daerah lain di Pulau Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *