Upgrade Bemper Depan Brio Model Facelift
Upgrade Bemper Depan Brio Model Facelift

Honda Brio Satya E, Low Cost Green Car Incaran Banyak Orang

Diposting pada

Honda Brio merupakan salah satu tipe mobil yang banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya penjualan bagi Honda Indonesia untuk tipe mobil ini. salah satu Low Cost Green Car (LCGC) unggulan keluaran terbaru dari Honda adalah Honda Brio Satya E.

Sejak pertama kali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan Agustus 2019 lalu, mobil ini menjadi salah satu LCGC yang paling diminati dibandingkan beberapa rivalnya. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah ulasan mengenai Brio Satya E yang sempat kami coba selama satu minggu.

Spesifikasi Brio Satya E

  • Performa
    Mobil LCGC unggulan dari honda yang memiliki dimensi mungil ini memiliki detail performa yang cukup Tangguh. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1199 cc, dengan torsi 110 Nm, dan tenaga mencapai 89 hp. Tak hanya itu, Honda Brio Satya E yang menggunakan bahan bakar berjenis bensin ini memiliki konsumsi BBM yang cukup hemat, yaitu sekitar 20 km per liter.
  • Detail mesin
    Mobil honda Brio ini memiliki mesin mesin dengan spesifikasi 1.2 L petrol engine, 4 cylinder 16 valve, dengan konfigurasi katup berjenis SOHC. Tiap silinder ini dilengkapi pula dengan satu katup per silindernya. Sistem yang digunakan untuk suplai bahan bakar pada mobil ini adalah sistem PGM-FI. Mengenai rasio kompresinya, adalah 10 : 1 : 1.
  • Ban dan velg
    Mobil yang tergolong mungil ini memiliki jenis ban radial berukuran 175 / 65 dengan ukuran velg alloy 14 inchi. Ukuran velg dan ban yang tidak terlalu besar ini membuat Honda Brio Satya E ini dapat melaju dengan gesit di jalanan.
  • Kapasitas
    Honda Brio Satya E ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan mobil mungil untuk keluarga kecil Anda. Mobil ini memiliki dimensi ukuran 3800 mm x 1680 mm x 1485 mm, dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 35 liter. Mobil dengan kapasitas hingga 5 orang ini juga memiliki kapasitas bagasi yang cukup lebar. Untuk bagasinya, Brio Satya E ini memiliki kapasitas hingga 258 liter.
Interior Honda Brio Satya E
Interior Honda Brio Satya E

Fitur yang dimiliki Brio Satya E

  • Fitur hiburan dan komunikasi
    Salah satu fitur yang seringkali menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan mobil adalah terkait fitur hiburan mau pun fitur komunikasi. Kita akan membahas pula mengenai fitur hiburan yang dimiliki honda brio tipe ini. Mobil ini telah dilengkapi dengan CD player, sambungan Bluetooth, dan port USB yang memberikan Anda keleluasaan untuk memutar cd atau pun lagu melalui beberapa pilihan koneksi. Speaker depan yang juga menjadi fitur hiburan ini memungkinkan Anda menikmati hiburan dengan lebih maksimal selagi berkendara.
  • Fitur kenyamanan dan kemudahan
    Karena mobil merupakan salah satu transportasi pribadi yang akan menjadi salah satu tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu saat Anda berada di perjalanan. Oleh karena itu, penting pula untuk memperhatikan terkait fitur keamanan yang dimiliki. Perihal kenyamanan, mobil Honda Brio Satya E ini telah dilengkapi dengan AC, power window pada bagian depan dan belakang hingga power steering.
     
    Selain itu, kursi – kursi yang ada di dalamnya juga dapat Anda sesuaikan (adjustable) untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan Anda sebagai pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga dilengkapi dengan indikator pengingat jumlah bahan bakar dalam bentuk digital untuk menghindari Anda kehabisan bahan bakar karena lupa mengisinya.
  • Fitur keselamatan
    Agar Anda dapat berkendara dengan aman, tentu fitur keselamatan yang dimiliki oleh mobil pilihan Anda tak boleh diabaikan. Mobil brio tipe ini dilengkapi dengan airbag untuk penumpang depan, kantong udara bagi pengemudi, hingga anti lock braking systems.
     
    Untuk Anda yang membawa serta anak – anak pun tak perlu khawatir, karena mobil ini dilengkapi juga dengan fitur child safety locks yang memungkinkan anak – anak duduk dengan aman dan nyaman selama di perjalanan. Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki fitur sabuk pengaman belakang dan pengingat untuk penggunaan sabuk pengaman sehingga Anda dan penumpang lain di dalamnya dipastikan aman sebelum berkendara.
  • Fitur eksterior mobil
    Mobil mungil yang memiliki tampilan eksterior yang modern ini dilengkapi pula dengan fitur eksterior yang lengkap. Hal ini terlihat dari adjustable headlights dan kaca spion elektrik yang memudahkan Anda untuk memantau keadaan jalanan yang Anda lewati. Namun untuk mobil Honda Brio Satya E ini, baik manual mau pun CVT, belum dilengkapi dengan fitur lampu kabut depan dan belakang, hingga wiper otomatis.
Speedometer Honda Brio tipe E
Speedometer Honda Brio tipe E

Harga Brio Satya E

Lalu berapa harga mobil Honda Brio Satya E ini? Masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), mobil ini memiliki harga yang terhitung terjangkau. Untuk Brio Satya E versi manual, dapat Anda beli dengan harga kisaran 160 jutaan. Sementara untuk versi automatic atau CVT, dapat Anda beli dengan harga kisaran 175 jutaan. Harga ini tentunya terhitung cukup terjangkau, mengingat mobil ini memiliki spesifikasi modern dan terbaik di kelasnya, serta memiliki berbagai fitur yang relatif lengkap.

Honda Brio Satya E Model Baru
Honda Brio Satya E Model Baru

Perbedaan mendasar pada Brio Satya E versi manual dan automatic

Hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengenai perbedaan yang ada pada Brio Satya E tipe manual dan automatic – nya. Sebenarnya, bila hanya dilihat sekilas, Anda mungkin tidak akan menemukan perbedaan berarti dari

Honda Brio Satya E tipe manual dengan automatic (CVT). Salah satu cara paling mudah untuk menemukan perbedaan antara keduanya adalah dengan membuka pada bagian kap mesinnya. Saat Anda membuka kap mesin dari kedua mobil ini, Anda akan menemukan beberapa perbedaan. Perbedaan pertama ada pada bagian kap-nya. Kap mesin Brio Satya E tipe manual tidak dilengkapi dengan saluran udara dan hood insulator, sementara bila Anda amati, hal ini dapat Anda temukan di mobil tipe serupa versi CVT – nya. 

Perbedaan lainnya yang tak dimiliki brio Satya E versi manual namun ada pada versi automaticnya adalah sistem rem dengan ABS plus EBD. Bila Anda beranjak mengamati bagian radiatornya, Anda selanjutnya juga akan menemukan perbedaan yang cukup mencolok. Pada Brio Satya E versi normal, hanya dilengkapi dengan satu kipas radiator yang memiliki fungsi untuk membantu mendinginkan radiator. Berbeda halnya dengan Brio Satya E versi automatic. Pada tipe ini, saat Anda membuka kap dan melihat pada bagian radiator, Anda akan menemukan adanya 2 kipas pendingin yang letaknya bersebelahan. Adanya kipas dengan jumlah lebih banyak ini memungkinkan mobil Honda Brio Satya E versi automatic lebih banyak dilirik karena jarang mengalami masalah mesin yang terlalu panas (engine overheat). Namun, untuk pemilihan tipe brio satya E ini, tetap dapat Anda sesuaikan sendiri dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *