Body Kit Ertiga Sport
Body Kit Ertiga Sport

Suzuki Ertiga Sporty vs Mitsubishi Xpander Sport Mana Yang Terbaik?

Diposting pada

Sebenarnya bukanlah hal yang terlalu tepat jika membandingkan Suzuki All New Ertiga Sport dan Mitsubishi Xpander Sport karena walaupun keduanya sama-sama menyandang embel-embel Sport namun berbeda kasta. Namun ada satu hal mendasar yang membuat kami tertarik membandingkan keduanya, yaitu dari segi harga keduanya saling berhadapan alias setara.

Ertiga Sport merupakan tipe tertinggi dari keluarga Ertiga untuk saat ini, sedangkan Xpander Sport bukanlah merupakan tipe tertinggi di keluarganya. Xpander Sport merupakan tipe tertinggi kedua dari seluruh tipe Xpander, tipe tertingginya sendiri adalah tipe Ultimate.

Suzuki ertiga sport bagian depan
Suzuki ertiga sport bagian depan

Harga di tahun 2020 ini Ertiga Sport transmisi manual dibanderol Rp 250.000.000, sedangkan Xpander Sport dibanderol Rp 252.000.000. Bisa dilihat fakta bahwa tipe tertinggi dari Suzuki Ertiga harganya masih di bawah tipe Mitsubishi Xpander Sport yang notabene bukanlah tipe tertinggi, untuk tipe tertingginya sendiri adalah tipe Ultimate dengan harga Rp 269.000.000.

Lalu dengan harga yang setara bagaimana perbandingan Suzuki Ertiga Sport dengan Mitsubishi Xpander Sport, apa saja perbedaannya dan manakah yang lebih unggul? Berikut ini kita ulas lebih detail berdasarkan pengalaman pribadi saya saat test drive dulu.

Mitsubishi Xpander Sport Coklat
Mitsubishi Xpander Sport Coklat

Sektor Interior

Kedua mobil ini memiliki tema warna interior yang sama yaitu warna hitam yang mendominasi seluruh bagian dalam. Namun menurut kami interior Suzuki Ertiga Sport lebih unggul karena telah dilengkapi akses kayu warna gelap pada bagian dashboard, door trim, dan bagian bawah setir. Kombinasi aksen kayu gelap dengan warna hitam menciptakan kesan elegan.

Sedangkan Mitsubishi Xpander Sport menurut kami dashboardnya terkesan biasa saja untuk tipe ini. Mengapa? Dashboadrnya benar-benar monotone hanya dengan warna hitam, sedikit akses carbon fiber berwarna terang dan lis berwarna silver di sekitar head unit dan consol tengahnya.

Sepertinya dashboard Mitsubishi Xpander 2020 memang optimal dengan perpaduan dua warna yaitu hitam dan krem ditambah aksen kayu berwarna terang yang menjadikannya terlihat elegan seperti pada tipe Ultimate. Sedangkan di tipe sport ini kesan elegannya hilang, dan kesan sporty pun tidak muncul. Ditambah lagi head unit bawaan masih model CD konvensional namun telah dilengkapi koneksi bluetooth dan terintegrasi tombol pengaturan audio di setir, untuk pengaturan AC masih menggunakan knop model putar-putar.

Di All New Ertiga Sport head unit bawaannya sudah menggunakan model layar sentuh berukuran 8 inch yang terintegrasi dengan tombol di setir, pengaturan AC sudah digital menggunkan tombol. Namun yang kalahnya adalah layar MID di panel instrument(sekitar speedometer) milik Ertiga Sport masih monochrome belum layar TFT berwarna seperti di Xpander Sport.

Dashboard Suzuki Ertiga Sport
Dashboard Suzuki Ertiga Sport

Sekarang kita beralih ke volume kabin, menurut kami dalam hal ini Xpander juaranya. Ruang kaki baris pertama dan kedua lega sekali, untuk baris ke tiga juga cukup nyaman untuk orang dewasa. Baris ke tiga Xpander paling lega dibandingkan rivalnya. Bukan berarti baris ke tiga All New Ertiga Sport sempit tapi ruang kepalanya lebih terbatas saja karena tinggi bodynya lebih pendek.

Sektor Mesin

Untuk sektor mesin keduanya sebelas-dua belas alias mirip-mirip. Dari hal spek teknis, teknologi,  kapasitas dan kemampuan mesin nggak ada yang lebih unggul secara superior. Mitsubishi Xpander Sport menggunakan mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder ,16 katup, DOHC MIVEC dengan tenaga 105 dk dan torsi 141 Nm.

Sedangkan Suzuki Ertiga Sport menggunakan mesin dengan kode K15B berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder , 16 katup DOHC VVT yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 104,7 ps/6.000 rpm dengan torsi 138 Nm/4.400 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin All New Ertiga sedikit lebih kecil, begitu pula torsinya sedikit lebih kecil. Selisih sekecil itu tidak akan terasa dalam penggunaan sehari-hari, itu sebabnya karakter tenaga dan spek teknis dari kedua mesin ini sangat-sangat mirip. Keduanya juga menggunakan penggerak roda depan dengan 5 percepatan pada transmisi manual, dan 4 percepatan pada tranmisi otomatis.

Sektor Suspensi & Roda

Untuk sektor suspensi antara Suzuki Ertiga Sport dan Mitsubishi Xpander Sport konstruksinya pun sama persis, yaitu Macpherson strut pada bagian depan dan torision beam pada bagian belakang. Kalau konstruksinya sama persis seperti ini maka yang membedakan hanyalah ukuran detail dari masing-masing komponennya seperti panjang trailing arm, panjang suspensi, diameter ulir coil per-nya.

Banyak reviewer di Youtube yang bilang kalau suspensi Xpander terasa nyaman karena mengadopsi setingan suspensi belakang dari Mitsubishi Lancer. Hmm,, kalau menurut kami itu HANYA ASAL NGOMONG!

Faktanya adalah suspensi belakang Xpander dan Mitsubishi Lancer yang seri terakhir di Indonesia yaitu Lancer EX GT atau EVO X versi JDM beda jauh bentuk struktur suspensinya. Lancer menggunakan struktur suspensi belakang multi-link system yang sudah independent antara roda kiri dan kanannya, sedangkan Xpander masih menggunakan torsion beam yang tidak independent.

Namun kembali lagi ke perbandingan Ertiga Sport dengan Xpander Sport, menurut kami suspensi Xpander itu lebih tinggi dan kaku dibandingkan Ertiga Sport. Untuk karakter Suspensi Suzuki Ertiga terasa lebih empuk jika dibanding Mitsubishi Xpander.

Meskipun banyak yang bilang suspensi Xpander istimewa tapi menurut kami biasa saja, bahkan untuk melibas jalan rusak bantingan suspensi belakangnya terbilang keras(kondisi mobil berisi 3 orang dewasa).

Justru yang menurut kami spesial dari suspensi Xpander ini ada pada keheningan suaranya. Saat melibas jalan bergelombang pada mobil umumnya akan terdengar suara yang ditimbulkan oleh roda atau suspensi, tapi di Xpander ini bantingan suspensi dan rodanya benar-benar hampir tidak ada suaranya di sisi lain peredam suara di kabin Xpander bisa dikatakan yang terbaik dikelasnya.

Sektor Eksterior

Untuk desain eksterior memang kembali ke selera masing-masing individu yang melihat, namun kami memiliki pandangan sendiri akan eksterior kedunya yang mungkin ada setuju, tapi mungkin juga tidak. Yang pertama kita ulas dari Mitsubishi Xpander Sport, ya mobil ini memang hadir dengan menggebrak pasar yang sudah. Mobil yang benar-benar baru dengan desain yang benar-benar fresh, yang belum pernah dijumpai dimobil kelas Low MPV sebelumnya.

Bemper depan penuh dengan lekukan-lekukan dan bnetuk yang tidak biasa, posisi lampu depan yang tidak biasa begitu juga dengan bemper belakang dengan lekukan yang membuatnya seperti bemper yang bukan murahan. Bagian body di sekitar atas roda atau yang biasa disebut fender juga nampak menonjol dengan garis-garis tegas, desainnya seperti meniru kakaknya yaitu Pajero Sport.

Body Kit Ertiga Sport
Body Kit Ertiga Sport

Sedangkan All New Ertiga khususnya Sport tampil lebih sporty, jika Ertiga biasa tampil kalem dan sederhana namun di tipe tertinggi ini mobil ini penuh dengan aksesoris tambahan. Ya body kit yang bersiifat tambahan di sekeliling bagian bawah body sangat terkesan tambahan sehingga walau terkesan Sporty tapi mobil tampak seperti mobil hasil modifikasi bengkel, bukan karya pabrikan.

Lampu utama Ertiga Sport lebih unggul karena sudah mengaplikasikan proyektor halogen namun bentuknya yang biasa saja menurut saya pribadi sepertinya klaah dengan bentuk head lamp Xpander yang bentuknya “nyeleneh”.

Namun sayangnya banyak yang mengeluhkan lampu depan pencahayaan lampu depan Xpander yang kurang terang pada malam hari, kalau saya pikir sebabnya mungkin karena kaca film merek IceU yang terpasang di bagian depan Xpander terlalu gelap sehingga sinar dari lampu Halogen yang memang tidak istimewa sinarnya jadi semakin terlihat redup dari dalam.

Spoiler Body Belakang Ertiga Sport
Spoiler Body Belakang Ertiga Sport

Dalam hal ketebalan material body Suzuki juaranya, pabrikan yang satu ini tidak pernah berkompromi dalam hal ini untuk setiap mobil penumpang keluarga. Contohnya saja antara Suzuki Karimun Wagon R dan Toyota Agya, ketebalnnya body jauh lebih unggul Karimun Wagon R. Begitu pula pada Suzuki Ertiga vs Mitsubishi Xpander ini, material plastik bemper dan plat body di sekujur body Suzuki Ertiga Sport tampak solid dan jika ditekan dengan jari sangat jelas kalau materialnya tebal.

Bukan berarti material body di Mitsubishi Xpander tipis semua, tidak. Tapi Mitsubishi cerdas memilih mana bagian yang merupakan struktur yang mendukukung kekuatan  mana bagian yang sekedar penutup. Beberapa bagian terasa tebal seperti kap mesin, pintu dan pilar yang merupakan bagian dari chasis dibuat tebal dan berat. Namun bagian yang mungkin hanya sebagai penutup dan dinilai kurang penting dibikin tipis. Nggak percaya? Coba tekan dengan jari material plastik bemper, plastik penutup dongkrak di bagasi dan palt body di bawah kaca samping belakang, terkesan sangat tipis! Bandingkan sendiri dengan body dan bemper milik Ertiga saat ditekan.

Fitur-Fitur

Untuk masalah fitur menurut kami Mitsubishi Xpander ini pecah abiss,, abis, bis, bis. Kehadirannya memang mendobrak pasar Low MPV, seperti kami sebutkan sebelumnya desainnya mendobrak tapi selina itu fitur yang disediakan juga gila. Faktanya adalah mobil ini hadir lebih dahulu dari All New Ertiga, tapi fitur yang ada pada Xpander ini bahkan masih lebih unggul dalam hal fitur safety.

Oke head unit Xpander sport kalah dibandingkan head unit layar sentuh 8 inch milik Ertiga Sport dan belum dilengkapi dengan kamera parkir atau sensor parkir, tapi dalam fitur Xpander Sport telah dilengkapi dengan Air bag dua buah di bagian depan, Hill Start Asist, Active Stability Control, Electronic Brake Distribution, dan ABS. Semua fitur disebut ada di Xpander dan karena Ertiga hadir belakangan mau tidak mau Ertiga juga harus menyediakan fitur tersebut agar tidak kalah dari Xpander.

Tapi ada juga fitur seperti Brake Asist, Emergency Stop Signal, telescopic steering adjustment, Coming home light, welcome light yang tidak ada pada Suzuki Ertiga Sport yang merupakan tipe tertinggi. Belum lagi kalau dibandingkan dengan Xpander tipe teritinggi Ultimate yang telah dilengkapi dengan cruise control. Ck,ck, ck luar biasa memang fitur mobil di kelas Low MPV berlogo tiga berlian ini.

Impresi Mengemudi

Kita sudah membahas perbandingan All New Suzuki Ertiga Sport vs Mitsubishi Xpander Sport dari berbagai sektor dari interior, eksterior, mesin, suspensi dan fitur. Namun hal yang paling penting dari keseluruhan itu adalah kenyamanan kita saat mengemudi karena mayoritas pembeli mobil di segmen ini adalah mereka yang akan mengemudikan sendiri mobilnya, bukan yang menggunakan jasa supir.

Kita mulai dari Ertiga Sport duduknya nyaman lebih rendah dibanding Xpander walaupun tidak serendah Nissan Grand Livina lawas, peredaman kabinnya bagus, suspensi lebih empuk dari pada Xpander, Setir ringan dan pedal kopling untuk yang transmisi manual juga ringan.

Xpander Sport posisi duduknya lebih tinggi karena memang ground clearence mobil ini juga tinggi, peredaman kabinnya luar biasa senyap bahkan lebih senyap dibanding Ertiga Sport, pedal koplingnya enteng, putaran setirnya luar biasa enteng ditambah sandaran punggung yang lebarnya pas membuat menyetir lama di mobil ini jadi tidak mudah lelah.

Namun putaran setirnya yang luar biasa enteng bagi kami jadi terasa tidak natural, entah mengapa jadi sedikti aneh. Tidak terlalu enjoy menyetir Xpande Sport ini karena karakter setirnya, pedal koplingnya juga enteng banget dan peredaman kabinnya luar biasa baik.

Semua kebaikan di Xpander ini benar-benar memanjakan pengemudi namun bisa juga berbahaya bagi pengemudi karena seperti menina bobokan sang pengemudi sehingga kewaspadaan dengan keadaan sekitar jadi kurang. Sedangkan di Ertiga menurut kami justru cukupan semua tidak berlebih, kecuali satu hal suara roda atau suspensi ketika di jalan rusak yang masih terdengar di dalam kabin, walaupun tidak seberisik Honda Mobilio.

Kesimpulan Xpander Sport Vs Ertiga Sport

Oke tiba pada bagian kesimpulan dari perbandingan produk tulang punggung dari penjualan pabrikan berlogo S dan berlogo tiga berlian ini. Mobil Suzuki terkenal sebagai mobil dengan value for money yang tinggi, untuk sejumlah unag yang anda keluarkan anda akan mendapatkan yang setimpal. Begitu juga dengan Suzuki Ertiga Sport ini, harganya di price list terkesan tidak jauh dari harga Xpander Sport namun faktanya datangnya saja ke dealer Suzuki maka anda bisa mendapatkan diskon puluhan juta untuk unit Ertiga Sport 2020 sekarang ini.

Generasi Ertiga saat ini hadir setelah Mitsubishi Xpander diluncurkan, mau tidak mau mobil ini harus lebih baik dan lebih lengkap dari sang kompetitor namun pada kenyataannya ada beberapa fitur yang tidak hadir di Suzuki Ertiga Sport. Mungkin Suzuki kewalahan meladeni “perang fitur” dari Xpander di kelas mobil keluarga entry level ini, sebaliknya Suzuki bermain dengan melengkapi fitur tambahan yang sebenarnya bisa didapat secara opsional atau pemasangan aksesoris oleh pemilik Xpander, seperti sensor parkir, head unit layar sentuh lengkap dengan kamera.

Di sisi lain Xpander yang hadir sejak tahun 2017 silam fiturnya benar-benar lengkap, dengan desain yang benar-benar baru, kekedapan kabin yang luar biasa membuat penjualan Xpander merajai penjualan mobil nasional di kelas low MPV. Namun semuanya itu perlu ditebus dengan harga yang lebih mahal dan sepertinya tidak masalah karena mayoritas konsumen membeli Xpander tipe tertinggi dengan harga termahal. Maka dalam hal ini segment yang lebih sensitif harga akan memilih Ertiga Sporty dengan kenyamanan yang hampir sama dan material body yang tidak dikorbankan ketebalannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *