Aktifkan Autolock Mitsubishi Xpander
Aktifkan Autolock Mitsubishi Xpander

Aktivasi Autolock di Mitsubishi Xpander Dengan Seting ETACS

Diposting pada

Walaupun Mitsubishi Xpander belum dilengkapi dengan fitur Autolock sebenarnya fitur ini dapat di-aktifkan dengan cara seting ETACS-nya saja. Lalu mahluk apakah ETCS itu sesungguhnya? Kalau sudah ada kenapa pihak Mitsubishi tidak mengaktifkan saja sejak dari pabriknya.

ETACS adalah singkatan dari Electronic Time and Alarm Control System, modul kelistrikan ini mempunyai tugas dalam pengaturan electronic yang mencakup lampu-lampu, central lock, wiper, alarm, motor dari spion elektrik( Sumber:Mitsubishi Motors).

ETACS ini sebenarnya hanya penamaan dari pihak Mitsubishi untuk perangkat elektroniknya. Pada mobil-mobil modern merek lain juga ada komponen ini namun tidak menggunakan sebutan khusus seperti pada pabrikan mobil Xpander ini. Sebutan umumnya adalah BCM atau Body Electrical Control Module.

Pada mobil modern saat ini peranti electronicnya diatur oleh modul-modul tersendiri. Saya analogikan seperti tubuh manusia ada sistem peredaran darah, sistem syaraf, sistem gerak(otot dan tulang) nah jika di mobil ada sistem manajemen mesin, electronic(lampu, wiper, alaram, immobilizer), transmisi(khusus matic), rem, dan lain-lain.

Masing-masing dari sistem tersebut dikontrol sebuah modul. Selain BCM tadi ada juga ECM – Engine Control Modul(disebut juga ECU) sebagai pengontrol manajemen mesin, EBCM – Electronic Brake Control Module(disebut juga ABS Control Module), ada juga ICM – Immobilizer Control Module sebagai kontrol dari sistem Immobilizer, kemudian ada TCM – Transmission Control Module (disebut juga A/T Controller) sebagai otak pengatur tranmisi otomatis, dan modul-modul lainnya.

Semua modul tersebut saling terhubung dengan protocol CAN dengan ECM sebagai pusatnya.Jelimet banget kan sistem elektronik mobil modern sekarang, hehe. 😀

Aktifasi Autolock Mitsubishi Xpander

Untuk aktifasi autolock di mobil Mitsubishi Xpander Sport caranya adalah cukup dengan mengubah setingan yang ada di software ETACS-nya. Ada banyak setingan yang dapat kita atur di setingan ETACS ini seperti durasi waktu Welcome Light, Coming Home Light, Head Lamp Auto-cutout, Hazard Answer-back, Shift at P to Unlock, Autolock itu sendiri dan Cruise Control.

Ada beberapa fitur yang sesungguhnya telah tersedia namun belum diaktifkan di Mitsubishi Xpander ini. Seperti semua fitur yang disebutkan di atas dapat kita aktifkan dengan cara hanya merubah setingan ETACS-nya saja, termasuk Auto lock. Kecuali fitur Cruise Control untuk Xpander selain tipe Ultimate dibutuhkan penambahan switch/sakelar untuk pengaktifan Cruise Control.

Kalau anda ingin mengaktifkan Autolock Mitsubisi Xpander anda bisa datang ke bengkel resmi untuk minta di aktifkan. Mereka menyediakan layanan tersebut dengan biaya jasa sekitar Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Namun jika bengkel resmi sedang ramai biasanya Service Advisor-nya tidak menerimanya(dari pengalaman pribadi saat ke bengkel resmi Mitsubishi B.O.M.).

Seting Menggunakan ETACSDecoder
Seting Menggunakan ETACSDecoder

Nah jika anda hobi ngoprek mobil anda bisa menggunakan software Etacs Decoder yang diinstal ke laptop Windows anda. Nah untuk menghubungkan sistem electrical di mobil dengan laptop anda butuh kabel Mini VCI(banyak tersedia di marketplace) beserta software drivernya yang juga di instal di laptop.

Kalau sudah terhubung anda dapat mengaktifkan beberapa parameter yang belum aktif di mobil Mitsubishi Xpander anda, urutannya di software EtacsDecoder seperti angka yang tertera di bawah ini:

  • #19 Reverse Alarm
  • #113 – Ambient Temperature Sensor
  • #157 – Rear Fog Lamp
  • #169 – Autolock by speed ETACS
  • #18 Untuk Matic: Buka pintu otomatis pada posisi P
  • #12 Buat spion tidak terbuka otomatis.
  • #22 Teken buka di remot sekali Pintu supir kebuka Tekan dua kali pintu semua kebuka
  • #28 Agar bunyi bip juga ketika dibuka atau tutup menggunakan remot.
  • #31 Buat volume bipnya agar lebih keras atau lebih kecil.
  • #39 Untuk Manual: Buka pintu otomatis pada saat mesin mati

Nah untuk 4 point teratas anda perlu mengisi saldo Etacs Decoder dahulu untuk dapat mengaktifasinya. Untuk detail lengkapnya anda dapat lihat di video berikut:

Bagaimana apakah anda ingin mengaktifasi di Bengkel resmi atau aktifasi sendiri semua terserah anda. Jika anda hanya ingin aktifasi satu fitur yaitu Autolock saja saya kira ke bengkel resmi adalah solusi yang lebih murah. Namun jika anda senang ngoprek mobil dan ingin mengaktifasi banyak fitur di Mitsubishi Xpander mobil anda dan rekan-rekan anda, sepertinya membeli kabel VCI dan menggunakan EtacsDecoder adalah jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *